Monday 21 October 2013

Mewarna - Finishing Touch Manga

Hai jumpa lagi dengan Tutorial bersama Om Vitch. Yah rasanya om baru posting kemarin, padahal itu bulan kemarin. Yah karena kesibukan yang tak berarti. Tapi di tengah kesibukan, tak berarti Om meninggalkan kalian seenaknya. Karena itu Om akan mengajari kalian bagaimana finishing touch manga yang sudah kalian warnain jadi lebih keren.Basic sih, tapi keren kok. Udahlah baca aja jangan bikin Om semakin sedih, hiks . . . Seperti biasa kita buka file gambarnya, nggak punya gambar? Download aja di internet banyak. Ini aja Om comot dari Facebooknya anak magang di kantor masa lalu Om.

Kawaii :3

Nah gambar di atas katanya si empunya gambar itu vampir. Tapi imut yah vampirnya, mau jadian sama dia? Yah kembali ke topik ya jangan ngelantur terus, ga baik untuk kesehatan. Kemudian kita hapus tuh background putihnya. Bisa pakai lasso tool, pake pentool, magic wand, terserah deh. Nggak tau caranya croping gambarnya? Maaf nak sepertinya kamu masih harus belajar photoshop basic, sabar ya. 

Dikasih gradasi ya

Setelah berhasil di crop, kita buat layer baru lalu kita kasih background grradasi seperti contohnya itu. Warnanya sih terserah ga harus ngikutin Om. Pengikut sejati Om itu orangnya kan kreatif-kreatif ya, pasti dulu minumnya susu kuda liar. Nah setelah dikasih background, coba di zoom itu di bagian apa saja terserah, contohnya om sih di tangan gitu . . .  Gimana? Jelek kan? Ketauan nih cropingnya pake magicwand. Tenang saja om punya solusinya. Pake stroke, bukan stroke penyakit lho. Harusnya paham deh stroke apa, kan kita lagi bahas photoshop. Pake pengaturan seperti punya Om biar garisnya di dalam gambar.

Diberi stroke

Setelah puas, kemudian kita mulai memberi efek utamanya. Buat layer baru lalu buat totol-totol pakai brush secara random. Ya random ini dimaksudkan biar natural gitu, kan ga lucu kalo efeknya malah mirip template. Nah setelah diberi totol-totol secara random kita kesini : Filter-Blur-Motion Blur. Pengaturannya?

Totol-totol randoom

Ini dia pengaturan motion blurnya

Biar om jelasin, Angle itu sudut. Pengaturan angle jelas untuk mengatur berapa derajat blurnya nanti. kalau distance? Distance untuk mengatur seberapa kuat blur akan diaplikasikan. *Hasyah tumben Om ngomongnya agak intelek gini. Setelah itu kita beri efek nyala-nyala, liat pengaturannya.

Menyalalah!!! MENYALALAH!!!

Setelah diberi nyala-nyala begitu mari kita totol-totol lagi secara random di layer yang kita beri nyala-nyala tadi. Tapi kali ini randomnya agak berpola ya. Liat contohnya deh biar paham . . .

Nah jadi keren kan kalo uda gini?

Good job, kalau sudah begini sekarang kita akan menambahkan efek cahaya yang muncul entah dari mana seperti di anime-anime. Ya supaya match aja sama gambar manga yang kalian warna. Pakai apa? Ya terserah, bisa pakai brush, pakai gradient, suka-suka. Tapi Om disini pake gradient biar cepet. Pertama buat layer di atas layer gambar karakternya. Lalu kita tarik gradient dari bawah ke atas. Om pakai gradient yang sisi satunya transparan itu lho, kalo dua sisi ada warnanya gambarnya BISA ILANG!!!!!. Liat gambar deh kalo ga paham.

Lihat pokok kiri atas, gradient setengah transparan gitu kan
Masih keliatan timpang ya? Yaiyalah kan belum selesai. Kemudian kita buat layer di bawah layer gambar karakter. kemudian kita buat gradasi-gradasi dengan warna yang sama seperti gradasi pertama, tapi warnanya ambil yang lebih gelap ya biar bagus. Nanti kalau bagus Om kasih nilai A di mata kuliah sosiologimu. *mulai ngelantur nih . . . 

Bagus kan?
Nah setelah itu kita kita lakukan finishing touch. Klik layer paling atas, lalu tekan ctrl+a - ctrl+shift+c - ctrl+v. Nanti muncul layer gabungan dari semua layer. Ini merupakan teknik fusi, hahahahag. *ga lucu. Kemudian kita gunakan Lightning Effect. Filter - Render - Lighting Effect. Lalu atur deh sesuai selera . . . Kalau beruntung nanti hasilnya jadi amazing, kalo belum beruntung ya silahkan coba lagi.

Tada!! Jadi deh
Nah udah segitu aja tutorialnya. Semoga bermanfaat ya, karena Om suka kalau ilmunya bermanfaat. kan dapat pahala ya, nanti masuk surga gitu. Sampai jumpa di Tutorial berikutnya . . . Apa kalian bertanya-tanya siapa pemilik asli gambar ini??? Biarkan pemiliknya komen sendiri di bawah. hohohoho.



0 komentar:

About Me

Powered by Blogger.

vitch-grafi reader

Who was here?

Flag Counter