Monday 10 June 2013

Tutorial - Membuat Logo

Jengjerengjengjeng.... Om Vitch kembali hadir di bulan Juni dengan Tutorialnya yang dahsyat. Setelah bermain-main dengan tutorial pola di edisi sebelumnya, kali ini Om akan membeberkan step by step membuat logo. Apa sih logo itu?? Menurut pemahaman Om sih Logo itu adalahs sebuah elemen grafis berupa gambar / typografi yang menjadi brand untuk melambangkan sebuah produk / instansi. Bener ga sih?? Tapi emang gitu kan? Kalo kata om wiki wih bukan ini, tapi ini paling gampang dicerna kan maksudnya. Nah beberapa waktu lalu Om mencoba membuat logo untuk Grup Facebook yang namanya "Penulis Muda Indonesia." Wow super sekali, apa hubungannya Desain dan menulis?? Trus apa hubungannya Desain dengan Mie Instan?? Desain dengan pembersih toilet hanya 5000?? Desain ada di mana-mana bro, banggalah menjadi anak desain. Nah saat mendengar kata Penulis Muda Indonesia, Om terpikir tiga kata yaitu Penulis, Muda, Indonesia. Seperti yang Om pelajari waktu jaman keemasan dahulu, jika membuat logo buatlah sebuah akar-akar dari logo tersebut. Akar-akar bagaimana sih?? Seperti ini nih contohnya . . .

Nah, di akar-akar ini yang penting adalah
1. Elemen dasar dari logo tersebut
2. Hubungan diantara kata-kata yang muncul
3. Kejelasan
Kalau sudah, coba kalian konsep logo dari akar-akar yang kita buat tadi. Oh iya, tentukan juga warnanya. Setiap warna punya filosofi lho, tapi kalau dijelasin disini entar kepanjangan. Jadi kalian lihat saja di SINI, udah ada yang mengulasnya.
Nah kalo uda ketemu sketsa dan warnanya yang cocok, baru deh kalian ajuin ke client / guru yang ngasih tugas. Hohohoho. Eits, jangan lupa FILOSOFI nya lho. Mbuat logo dilarang ngawur. Dibawah ini ada 4 konsep yang Om buat untuk grup Penulis Muda Indonesia.
Konsep Logo Pertama

Di logo ini huruf “L” diganti oleh garis yang mirip dengan wajah yang mendongak ke atas. Wajah itu bermakna sebagai kaum muda yang selalu optimis dan berpikiran luas. Di bawahnya ada dagu yang membentuk buku. Lalu ada garis melengkung melewati tiga indra (telinga, mata, dan mulut) dan otak. Yang berarti karya kita harus bisa dinikmati siapa saja dan bisa dipertanggung jawabkan. Warna yang dipilih merah dan hitam. Merah mewakili semangat dan keberanian sedangkan hitam merupakan warna global dari sebuah tulisan, juga menampilkan kesan elegan.
Konsep Logo 2

Kalau logo yang ini berbentuk bulat. Kenapa bulat?? Karena bulat melambangkan kesatuan dan kesinambungan. Bulat juga bisa diartikan sebagai simbol universal. Desain simple dengan garis putih membentuk garuda dan pena secara bersamaan. Lalu buku berwarna kuning yang membentuk centang. Buku berbentuk centang ini melambangkan persetujuan / diakui . Warna kuning dan merah yang relatif sama bermakna semangat, muda, dan berani. Typografi menggunakan font yang mengesankan muda dan fleksibel.
Konsep Logo 3

Desain simple dengan tiga elemen yaitu buku, pena, dan bendera merah putih. Maknanya sudah jelas sekali. Warna biru dipilih karena biru melambangkan harapan dan tanggung jawab. Secara keseluruhan logo ini artinya begini : Kita menulis harapan yang membangun untuk Indonesia. Bendera merah putih dibuat naik ke atas (maju, dan berkembang)
Konsep Logo 4

Konsep ini merupakan konsep logo modern. Gambar pena dan lingkaran yang mengelilingi. Lingkaran ini sebenarnya tidak sepenuhnya melingkar. Ujung yang satu di samping pena yang berarti tulisan awal, lalu garisnya melingkar yang melambangkan dunia. Tau kan kalo dunia tidak bulat sepenuhnya? Warna merah dipakai untuk kesan semangat dan berani. Diteruskan dengan warna biru yang merupakan ahsil akhir / harapan. Secara keseluruhan logo ini merupakan harapan agar tulisan yang kita buat bisa mengubah dunia, lewat pena kita merubah dunia. Begitulah pesan dalam logo ini. Typografi yang tegas dipilih untuk memberi kesan teguh dan bertanggung jawab.
Catatan terakhir, sebaiknya kita mengerti seluk beluk, tujuan, dan harapan dari produk / instansi yang akan kita kerjakan logonya. Ini untuk menghindari kesalahpahaman dan logo yang tidak nyambung. Lalu kalian juga perlu memperhatikan logo-logo di luar sana, apakah logo yang kita buat ini sudah orisinil?? Jangan sampai waktu logo sudah jadi kita malah dikira menjiplak, hehehe.

Oke ini semua yang dapat om sampaikan, semoga membantu. Sampai jumpa di tutorial bersama Om Vitch edisi Berikutnya . . 
Oh iya, minta pendapat kalian ya mana logo yang paling pas...



2 comments:

  1. keren boss, ijin share ke Etalase Blogger ya. Salam.

    ReplyDelete
  2. datang untuk kunjungan di blog sobat

    ReplyDelete

About Me

Powered by Blogger.

vitch-grafi reader

Who was here?

Flag Counter