Wednesday 8 May 2013

Membuat Pola dengan Corel Draw

Yow yow yow, Tutorial bersama om Vitch hadir lebih dini di bulan ini. Setelah sebelumnya main-main dengan background photoshop, kali ini om Vitch akan memaparkan radiasi kosmik tingkat tinggi. buzzzzz!!!!
Bukan-bukan-bukan, maksud om Vitch adalah Tutorial Membuat Pola. Sebenarnya di internet banyak pola, tapi yang bikik jengkel kan ada tulisan shutterstock, 123RF, dan kawan-kawannya. Nah maka dari itu yang kreatif dong, kita buat sendiri. Pola ini maksudnya adalah sebuah gambar yang jika disusun ke kanan kiri atas bawah akan MENYATU. pemanfaatan pola dalam kehidupan sehari-hari biasanya ada di wallpaper (dalam arti sesungguhnya, bukan wallpaper komputer), taplak, sampai untuk stiker hape juga bisa kalau mau, hhehe. Oke kita langsung saja  . . .

Pertama buat media berbentuk kotak. KOTAK alias PERSEGI. tapi kalau mau bereksperimen dengan bentuk lain juga boleh kok. tapi kotak yang paling gampang, hhehe.
kotak
Lalu, buat pola-pola di atasnya, disini om Vitch membuat pola Polkadot
polkadot

Lalu jangan lupa backgroundnya diwarnai biar asik... huehuehue
sudah ada background
Lalu yang keluar dari kotak diapakan, nanti kalau ditata ke kanan kiri tidak bisa dong??? Tenang, kita punya senjata bernama Mr. Intersect dan Mr. Trim. Serahkan saja pada mereka. Pertama, biarkan Mr. Intersect bekerja dulu. Klik di background, lalu klik Intersect, setelah itu baru klik di Polkadotnya.
Mr. Intersect

kerjanya Mr. Intersect
Kini giliran Mr. Trim bekerja, caranya sama seperti tadi, bedanya nanti yang kalian klik adalah sisi polkadot yang tidak masuk di dalam kotak. Kalau kalian klik polkadot yang di dalam kotak maka Mr. Trim akan menghabisinya dan polkadotnya akan hilang ....
Mr. Trim
Nah, baru kita atur polkadot yang tadinya diluar kotak agar ikut masuk ke kotak. Rumusnya adalah BERLAWANAN. jadi kalau sebelumnya ia ada di sisi KANAN, maka pindahlah ia ke KIRI. kalau ia di ATAS, pindahlah ke BAWAH. seperti itulah. Lihat gambar saja deh biar tidak bingung.
dari kiri ke kanan
Lalu untuk yang ini sulit nih, kalau bagian ini kalian bisa pasti membuat pola bukan hal yang susah lagi. Ini dia... Kan yang di atas itu ada polkadot yang posisinya aneh ya?? gampang saja, kita buat siku-siku supaya kita bisa memotong polkadot itu menjadi tiga bagian.

posisi aneh
siku-siku
Setelah membuat siku-siku, klik siku-sikunya lalu panggil Mr. Trim, lalu klik di polkadotnya. dan Voila !! Polkadot sudah terpotong jadi tiga. Setelah itu kalian ikuti langkah di bawah ini . . .
break curve apart
Setelah itu kita atur polkadot yang terpisah tadi di posisi yang semestinya seperti ini :
Hasil jadinya
Jadilah pola kita... Pola Polkadot yang sangat biasa. Sekarang kita bisa mulai menyusunnya ke kanan kiri atas bawah.. hhahahaha
Jadi banyak....
Nah, gampang sekali bukan?? Mulai sekarang kita tidak perlu bergantung dengan karya orang lain, kita bisa buat sendiri !! Yuuhuu!!
Ini dia beberapa hasil pola yang pernah om Vitch Buat
download aja kalo mau

gratis

tanpa watermark pula

kalau mau tapi, hhehe

bagus ga sih??
Oke, akhir kata, terimakasih telah membaca ocehan om Vitch tentang Pola di Tutorial kali ini. Sampai jumpa di Tutorial Berikutnya !!!



0 komentar:

About Me

Powered by Blogger.

vitch-grafi reader

Who was here?

Flag Counter