Friday 12 July 2013

Membuat Desain Sticker Untuk Cutting

Yosh, Om Vitch kembali lagi. Kali ini om akan sedikit curhat saat mencetak striping motor di salah satu digital printing di Surabaya. Ceritanya begini,, Om kan mau mencetak striping Honda Beat (pastinya ini di Cutting kan). Setelah ke operator dan menyerahkan file om pergi ke kasir. dan jeng jeng jeng.... ada masalah ternyata . .  sebut saja Om sebagai "O" dan Kasir sebagai "K".
K : Ini laminasi plus cutting ya mas?
O : Iya, cutting striping bahan vinyl
K : Cuttingnya mengikuti pola mas? Kalau iya kenanya ini 250ribu tanpa laminasi
O : Hah? ( Dalam hati uda panas, karena tidak sesuai dengan apa yang om tanyakan ke CS dan Operator)
K : Iya, soalnya punyanya mas ini harus mengikuti pola. Kalo yang 120ribu itu yang ada lebihannya.
O : Lho, kan saya sudah kasih lebihan warna hitam tuh, waktu itu katanya bisa.
Si kasir mulai bingung lalu pergi ke operator, trus ga lama dia balik lagi.
K : Kalau cutting harus dilebihi warna putih mas.
O : Nah, patokan cutting ini apa sih? Garis dari gambar vector kan? Lalu apa bedanya saya kasih lebihan hitam sama putih? Patokannya kan garis.
Si kasir bingung lagi, ke operator lagi, gak lama trus balik lagi, dan om makin sebel.
K : Punyanya mas itu namanya Garskin, 250ribu belum laminasi.
Kaget, Emang om ini orang awam di dunia advertising?? GARSKIN ITU UNTUK STIKER HANDPHONE KASIR... GIMANA SIH!!! Tapi karena om oranya sabar dan tidak sombong jadi om ga jadi mempermalukan si kasir dengan mengatakan hal yang tidak-tidak ( seperti pisuhan dan sejenisnya ). Hampir juga om ga jadi nyetak di tempat ini.
O : Kok garskin, ini saya cetak striping untuk branding.
K : Iya, kalau yang cutting 120ribu cuma bisa kotak sama lingkaran aja bentuknya. ( Si kasir ngaconya uda ga bisa ditoleransi ini.)
O : Haduh, mana saya mau bisara langsung sama orang yang megang mesin cutting.
K : Iya itu di pojok.
Singkat cerita om akhirnya juga sukses print di sana, dan plus laminasi. Untuk pemahaman, CUTTING STIKER ITU TIDAK CUMA LINGKARAN DAN KOTAK SAJA. Di bawah ini om kasih contoh cara mendesain stiker untuk keperluan cutting menggunakan Corel Draw.

buat desain awalnya

Pertama kita buat desain awalnya, ini tulisannya adalah Vitch. Stiker untuk team storm rider yang dipakai untuk menandai daerah kekuasaan.

Di-grup

Kalau sudah kita grup tulisan yang terpisah-pisah tadi, kalian pakai combine juga ga apa. Yang penting menyatu lah untuk memudahkan proses powerClip. Nah kalau sudah di grup kita coret-coret untuk membuat pola / warna tulisannya.

coret-coret

Nah setalah puas coret-coret kita powerclip hasil coretan itu ke tulisan. Apa? ga tau powerClip? PowerClip itu memasukkan objek ke dalam objek yang lain. Gitu lah secara garis besarnya, hehehe.

Disini tempatnya PowerClip

Pertama-tama kalian klik objek yang mau dimasukkan, lalu Effects - PowerClip - Place Inside Container. Dan objek itu akan masuk ke dalam tulisan. Kalau sudah kita akan membuat garis teluar untuk patokan cutting.

Background untuk diCutting

Setelah itu kalian rubah ketebalan border menjadi 5mm, karena katanya "mereka" sih agar cuttingnya aman. Kalau ada mblesetnya tidak kelihatan gitu. metode pemberian border 5mm ini untuk yang ingin membuat desain cutting sticker yang ada lebihannya. Kalau ingin pres, kalian harus membuat garis patokan lagi di dalam gambar, sekitar 2,5mm dari garis terluar. Tapi garis ini nantinya jangan ikut di PowerClip. Bilang ke operatorn kalau cuttingnya mengikuti pola dari garis yang kalian buat tadi. Oke kita kembali ke pemberian border 5mm.

Width : 5mm

Gimana? Gambarnya jadi rusak? kalo begitu kalian aktifkan saja Behind Fill. Tapi ingat, untuk stiker berukuran besar ( seperti striping motor ) jangan mengaktifkan Behind Fill. Behind Fill ini diaktifkan kalau border dan warna dasar dari stiker itu sama, kalau warnanya tidak sama takutnya waktu mbleset jadi belang gitu bordernya. Setelah itu kita PowerClip tulisan tadi ke dalam background. Kalau tidak begitu nanti tulisannya akan ikut diCutting oleh mesin.

Untuk mengecek, diganti putih dulu

Garis imajiner yang terbentuk diantara putih dan hitam itulah yang nantinya akan menjadi patokan mesin untuk proses cutting. Untuk melihat garis lebih jelas tanpa merubah warna, klik view - wireframe. Kalau masih ada garis lain di dalamnya berarti ada objek yang tertinggal dan harus di PowerClip. contoh :

 Wireframe


Ada mata dan mulu yang belum di PowerClip

Nah kalau masih ada garis lain seperti itu berarti kalian belum melakukan PowerClip ke semua objek. Kecuali kalian memang sengaja membuat bagian itu menjadi lubang.
Akhir kata, sebenarnya proses cutting stiker itu tidak rumit. Namun hanya kasir dan operator saja yang membuatnya terasa rumit. Tentu saja ini untuk mebodohi kalian yang tidak paham. Saran dari om sebaiknya kalian mengajak teman / kerabat yang mengerti hal-hal seperti ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga tulisan om kali ini bisa membuat kalian semakin mengerti tentang cutting sticker ini.

update 27 september : sekarang telah hadir >>VG-STICKER<< untuk yang ingin membuat sticker. see ya.



3 comments:

  1. kalau menurut saya sih om dibodohin sama pemilik digital printing, sebenarnya print n cut tuh gak perlu dilebihin desainnya udah pasti pas, kecuali kalau print nya ke mesin satunya dan cuttnya ke mesin lain itu beda harus ada lebihnya dikit biar aman dan itu pun ngeprintnya harus mengikutkan crop mark minimal 1cm atas bawah. crop mark untuk dijadikan patokan sensor mesin... soalnya aku sendiri punya mesin

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh.. gitu ya bro. wah saya baru tahu kalau seperti itu. Thanks infonya :D
      situ buka digital print? di daerah mana?

      Delete

About Me

Powered by Blogger.

vitch-grafi reader

Who was here?

Flag Counter