Tuesday 2 April 2013

DKV Project - Know Your Place !

Lama tak jumpa di para pembaca setia Vitch-Grafi. Setelah vakum 2 minggu kemarin, akhirnya saya berhasil menyelesaikan postingan kali ini. Postingan berjudul : DKV Project - Know Your Place ! Dari judulnya saja kita sudah tau ini pasti berhubungan dengan DKV.

Apa sih DKV Project itu???

Melihat pengalaman saya waktu kelas XII di SMKN 1 Surabaya pada tahun 2011 - 2012. Ketika itu ada LKS dan kami merasa kesulitan mencari anak DKV yang bisa diberangkatkan untuk LKS. Nah tidak mau hal ini terulang, saya membuat proyek ini. Walaupun saya sudah tidak bersekolah di SMKN 1 Surabaya, setidaknya saya ikut senang jika adik-adik saya bisa sukses di SMKN 1 Surabaya. DKV Project ini merupakan bimbingan ilmu grafis / Desain kepada siswa-siswi DKV SKMN 1 Surabaya terutama yang baru berada di kelas X. Dengan slogan "Keep Learn and Prove!" diharapkan DKV tidak lagi dipandang sebelah mata dan menjadi jurusan favorit.




Tapi ada makna tersendiri di balik judul DKV Project - Know Your Place! Istilah "Know Your Place" ini ditujukan kepada para murid DKV terutama yang masuk DKV by Accident. Itu tuh yang masuk ke DKV karena pilihan pertamanya luput dan akhirnya jatuh kepada DKV yang dijadikan pilihan kedua. Tapi kalau sudah berada di sini, jangan disesali. Mengatakan "Ngapain diseriusin, aku sebenarnya ingin masuk Multimedia kok." adalah sebuah kata-kata yang tidak bertanggung jawab. Know Your Place! Sekarang kita sudah berada di sebuah kelas bernama DKV dan mau tidak mau kita harus belajar dengan serius atau sekolah 3 tahun akan menjadi hal paling sia-sia dalam hidupmu.

Nah sekarang apa saja sih yang ada di DKV Project ini??? itu tadi udah tercantum di gambar. hehehe
  • Fotografi
  • Ilustrasi
  • Dan penguasaan Software


Fotografi
Banyak yang mengatakan fotografi itu asik, fotografi itu mudah. Tapi akan lebih asik lagi jika kita bisa mengambil gambar dari sudut-sudut yang tidak biasa. Lebih mudah lagi jika kita bisa menyesuaikan setingan gambar dengan situasi sekitar. Dan hasilnya tentu saja sebuah foto yang TIDAK BIASA. Foto yang benar-benar unik dan indah. Nah, dalam DKV Project kita akan belajar bersama tentang Fotografi. Kita tidak perlu mengenal seluk beluk kamera, kita akan praktek langsung. Bagaimana dengan istilah-istilah fotografi? Dengan praktek, secara tidak langsung kita bisa mengetahui istilah-istilah dalam fotografi bahkan yang tidak lazim sekalipun.



Ilustrasi
Kata siapa ilustrasi itu tidak penting? Kata siapa ilustrasi tidak terlalu dipertanyakan dalam pembuatan suatu karya? Tentu saja ilustrasi sangat penting. Ilustrasi laksana fondasi dari sebuah karya yang akan kita buat. Sebelum berhadapan dengan apa yang namanya komputer, realisasikan pikiran kita dalam selembar kertas. Ilustrasikan dan tentukan elemen-elemen apa saja yag kita butuhkan. Setelah itu baru kita mengambil kendali di kokpit (komputer). Niscaya karya buatan kita akan kuat dan bisa dipertanggung jawabkan.



Penguasaan Software
Nah ini dia senjata pamungkas kita, penguasaan software. Adanya komputer membuat kita dengan mudah mendigitalisasikan ilustrasi yang kita buat. Dan dalam era globalisasi seperti saat ini, penguasaan software menjadi sangat penting. Mau tidak mau kita dipaksa mengikuti perkembangan yang terjadi karena kita belum mampu menciptakannya. Dalam dunia kerja pasti ada kan spesifikasi harus bisa Photoshop, Corel, 3ds Max, After Effect, dll. Karena itu kuasai software yang kamu gunakan dan alangkah baiknya jika bisa lebih dari satu. Tapi kan softwarenya bajakan, gak etis kita pakai software bajakan. Tapi apa karena itu alasan kita untuk tidak mempelajarinya? SALAH BESAR karena dunia kerja tidak pernah lepas dari software-software yang ada saat ini. Mereka bisa beli Adobe CS6 yang nilainya 50juta lebih, tapi kita kan belum mampu. Kalu kita terhambat dengan mainset tidak mau pakai software bajakan, kita akan terbuang dari bursa kerja. Toh ini hanya untuk belajar, hehehe.



Nah itu tadi sekilas tentang apa-apa yang ada di DKV Project. Ayo kita sama-sama belajar membuktikan bahwa kita bisa. DKV SMKN 1 Surabaya harus bisa lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu!
Berminat? Hubungi kami :)
 Vitch M Ghifari, dan Tio,




3 comments:

  1. asyik sekali ya SMK sudah bisa mendalami ilmu DKV,sedangkan saya baru mempelajari DKV saat di bangku kuliah.
    thanks for sharing.

    ReplyDelete
  2. permisi kakak , saya juga puny masalah yang kakak sebutkan. saya masuk DKV by accident, saya luput dari pilihan pertama yaitu Mm di smkn 1 surabaya. sya mau tanya apa ada tempat les gambar, soalnya saya gk terlalu bagus kalo di gambar manual. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau les gambar di surabaya ini agak susah, dan kebanyakan les gambar hanya mengajarkan gambar realis. Kalau tidak berubah, pelajaran gambar realis ini hanya ada di kelas 1. Untuk tanya-tanya lebih jelas bisa add fb saya : Vitch M Ghifari

      Delete

About Me

Powered by Blogger.

vitch-grafi reader

Who was here?

Flag Counter