Thursday 25 April 2013

Tutorial Merubah Background Foto Lv.1

Weh weh weh, sehari dua kali nih... Tapi untuk postingan kali ini Om Vitch kembali hadir. Ya, Om Vitch si juragan tutorial akan mengajak anda untuk kembali mengedit ria. Setelah di tutorial sebelumnya bermain corel, sekarang kita maen photoshop lagi. Well, dari judulnya sudah jelas kalau kita akan mengedit background. Karena beberapa waktu lalu ada yang minta tolong editin background buat ngelamar kerja. Jadi ya semoga tutorial ini bermanfaat.
NB : tidak dianjurkan menggunakan pose yang sama dengan foto di tutorial ini untuk melamar pekerjaan.

langkah pertama . . . .
buka fotonya lah, sudah jelas itu, lalu pilih crop tool. trus rubah itu width jadi 4 cm dan height jadi 6 cm. Ini kondisional, kalo ini kebetulan ukuran pas foto.

Nah kalau sudah crop gambarnya sesuai dengan keinginan kita



Ini nih bagian yang paling susah, SELEKSI GAMBAR. Ini bagian yang merupakan mimpi buruk bagi para pemula. Karena dulu Om Vitch juga kesulitan di fase ini, hehehe. Pen Tool ini operasionalnya susah, tapi lebih mudah kalau ada kesalahan karena bisa di undo ( menekan ctrl+alt+z). Memakai Pen Tool butuh latian, ingat Practice make Perfect !! Bisa klik klik klik klik, atau klik (jangan dilepasin) tarik klik (jangan dilepasin) tarik. coba sendiri deh pasti nanti tau bedanya.
Nah, kalo kejadian gini gimana nih???
Biasanya yang susah waktu metode klik tarik kalau ada tikungan tajam seperti gambar di atas. Solusinya bagaimana? Lihat gambar dibawah ini.
alt klik di titiknya... nanti baru teruskan seleksinya
Kalau sudah seleksi semua, termasuk yang lubang-lubang lho (sela-sela lengan, dll). Klik kanan lalu pilih Make Selection.

Kalau sudah muncul garis putus-putus gitu langsung tekan ctrl+j. Dan objek yang terseleksi membentuk layer baru.

Lah kalau sudah buat layer baru seperti gambar diatas. Di tengah-tengah, karena ini untuk backgroundnya
Setelah itu pilih warnanya, Om Vitch pilih merah nih ceritanya. Kalau sudah tekan ctrl+del dan Voila !!!

Sudah ada Background nih

Masih jelek?? Kaku?? Ikuti langkah-langkah selanjutnya . . .
pakai tool yang namanya blur tool lalu sapukan di daerah yang menurut kalian kasar. Ini dia hasilnya . . .
Tau kan bedanya ?
Nah, sudah halus ini sekarang. Tapi kok masih ada hasil seleksi yang tidak perlu atau bikin jelek ya. Gampang mah kalau itu, hapus aja ! Pakai Eraser tool, biar menyatu pakai Eraser Tool yang soft round.Nah sapukan aja penghapusnya ke gambar yang gak perlu.
Tapi kok warna fotonya itu lo, gak nyatu sama sekali. Ya harap maklum lah ini kan kamera hape, foto dari jarak jauh lagi, di Bromo lagi. Tapi ada solusi untuk mereduksi ini, yang pertama kita beresin rambutnya dulu. Pakai yang namanya Burn Tool. Lalu sapukan di daerah rambut beberapa kali, kalau masih jelek ya di undo lalu sapukan lagi, hehehe.


lalu supaya lebih waw, tekan saja ctrl+m. Nah mainin tuh kurvanya sesuai selera.

Warnanya kurang tajam?? Bukan masalah . . . . Ikuti langkah-langkah ini : Duplikat layer objeknya (ctrl+j) lalu masuk ke Filter - Blur - Gausian Blur.

Nah kalau sudah layer yang diblur barusan rubah ke mode Soft Light. Supaya apa? Ya liat aja sendiri bedanya, hehehe.

Jreng Jreng Jreng
Nah sudah jadi deh fotonya. Tinggal print buat lamar kerja, buat administrasi kantor, administrasi sekolah semuanya beres. Masih kurang realistis? Ya foto aja deh ke Tukang Foto... itung-itung berbagi rezeki ke mereka. Realistis tidaknya editan ini tergantung kualitas foto dan pencahayaannya saja. Kalau masih kurang puas dengan hasil barusan, bisa kalian menambahkan elemen-elemen lain di foto kalian seperti foto berikut ini.
Korban kebengisan Photoshop
Nah demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi pembacanya. Sampai jumpa di tutorial bersama Om Vitch selanjutnya . . .





0 komentar:

About Me

Powered by Blogger.

vitch-grafi reader

Who was here?

Flag Counter