Thursday 2 May 2013

MCP Buat Lomba?

MCP, apa itu MCP? Hanya saya dan orang-orang  terpilih saja yang tau mengenai MCP. Tapi kali ini konteksnya berbeda. MCP yang huruf "P" nya merupakan singkatan dari kata POSTER. Sebuah konsep Poster yang sebenarnya akan diikutseratakan untuk lomba ( Contoh saja) namun hanya berakhir sebagai MCP. Ini dia posternya . . .
Sang MCP
Yah inimerupakan konsep Poster. Dibuat di aplikasi Corel Draw... Konsep ini masih bisa dikembangkan lagi menjadi karya grafis yang lebih mempesona. Berhubung keterbatasan waktu dan bahan, terpaksa Poster ini dibuat minimalis namun masih berpegang pada konsep asalnya. Lalu apa sih maksudnya ini poster??? ada balon-balonnya segala, ambigu??

Yang pertama... pasti bertanya-bertanya kenapa ada Balon?? apakah si pemegang balon mau mbalon?? atau balonnya mau dijual ke makelar? Bukan-bukan... Coba perhatikan ada berapa balon disana... ada berapa??
ada 10 balon !
Ya Benar, ada 10 balon . . . (kok jadi Dora's Style begini ya).Kenapa harus 10? 10 merupakan jumlah dari Dharma Pramuka yang semakin hari semakin ditinggalkan. Seharusnya anak Pramuka berpegang teguh pada Satya Dharma Pramuka kan?? Ya kan??? Trus kenapa Balon? Warnanya juga putih. Ya semua pasti bisa menduga putih itu melambangkan apa, hehehe. Tapi pemilihan elemen balon karena Satya Dharma Pramuka ini rentan dan fatal, jika tidak kuat menjaganya ya semua itu hanya tinggal sekedar kata-kata saja. Maka kita beralih ke elemen selanjutnya . . .
Grap it !!
Kenapa figur orang memakai stickman yang polos begitu??? Simple saja . . . ini supaya figur ini bisa mengacu pada siapa saja. Laki-laki, Perempuan, Tua, Muda semua bisa. Nah itu kedua tangannya pasti sudah tau kan melambangkan apa??? Tangan yang ada tunasnya itu menampakkan gesture mengajak. Mengajak semua orang khususnya pramuka menjadi Pramuka yang sesungguhnya.
gunung...
Lalu kita membahas latar... latar belakangnya jelas sekali ini gambar gunug... Melambangkan Pramuka yang tangguh dan mencintai alam...

Lalu sekarang langit, transisi gelap ke terang. Yah pastinya tau kan maksudnya transisi gelap ke terang. Pramuka diharapkan menjadikan bangsa ini menjadi lebih baik. Bangsa? bangsa apa? Lihat ke tulisannya, warnanya Merah dan Putih. Sudah bisa menerka kan?? hhehe. Lalu kenapa awannya warna kuning?? Warna kuning pucat dipilih karena mendekati warna awan ketika fajar. Ya fajar merupakan awal dari sebuah hari. Dimana kita mulai bangun dan melakukan sesuatu yang bermanfaat.
Yap demikian ulasan mengenai MCP yang saya buat beberapa waktu lalu sebelum Lomba Losipram di Lawang, Jawa Timur. Thank's for reading !




0 komentar:

About Me

Powered by Blogger.

vitch-grafi reader

Who was here?

Flag Counter